Image of Personality Plus (Kepribadian Plus) : Bagaimana Memahami Orang Lain dengan Memahami Diri Anda Sendiri

Text

Personality Plus (Kepribadian Plus) : Bagaimana Memahami Orang Lain dengan Memahami Diri Anda Sendiri



SANGUINS - MELANKOLIS - KOLERIS - PLEGMATIS

Pembahasan utama buku ini pada 4 tempramen manusia yaitu Sanguinis, Melankolis, Kholerik, dan Plegmatis. Pertama - tama kita akan membaca kelebihan masing - masing kepribadian ini lalu dilanjutkan dengan kekurangan 4 kepribadian yang dicetuskan oleh Hippocrates dan dipopulerkan oleh Galen.

Kemudian kita akan membahas tentang perpaduan kepribadan yang umum ditemukan pada setiap manusia dan ditutup dengan petunjuk untuk meningkatkan kemampuan kita dan membangun hubungan baik antar kepribadian.

Buku Personality Plus ini banyak memberikan contoh nyata kehidupan Florence Littauer bersama suami dan ke-12 anak angkatnya. Ada Fred yang Melankolis, ada Marita yang. Sanguin, suaminya yang juga Melankolis, serta Florence yang merupakan kombinasi Sanguinis-Kholeris. Buku ini sangat mudah dibaca karena gaya penulisannya adalah bercerita, jadi anda akan heran dengan begitu cepatnya anda membaca.

Menariknya lagi, dalam Personality Plus terbitan Binarupa Aksara dilampirkan modul tes psikologi berdasarkan teori Galen. Anda cukup memberi centang pada pilihan berganda, menjumlahkan hasil pilihan anda, dan abrakadabraa.... keluarlah jenis kepribadian anda. Saya sih belum mencoba tes tempramen ini untuk yang kedua kalinya. Dulu sekali kepribadian saya adalah Melankolis-Kholerik, mestinya kalo nyoba lagi tidak akan berbeda jauh. Kecuali kalau saya mau memanipulasi hasil tes psikologi Galen ini.... tapi, apa gunanya buat saya ? Toh yang memperoleh untung atau menanggung ruginya juga saya sendiri.

Secara singkat, ciri-ciri empat tempramen adalah sebagai berikut:

Galen, mempopulerkan teori 4 kepribadianSanguinis, tipe kepribadian sosial. Mereka menikmati kesenangan, mudah bergaul, pandai bercerita dan mudah mengobral janji. Mereka adalah motivator hebat namun tidak dapat diandalkan untuk mengerjakannya.

Melankolis,

tipe kepribadian emosional. Mereka suka berpikir, menilai, menganalisa, dan mengkritik. Mereka lebih suka melakukan sesuatu dengan benar dan sempurna, namun seringkali mematahkan semangat orang karena standar mereka yang tidak masuk akal, baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

Kholerik,

tipe kepribadian pemimpin. Mereka kuat, tegas, keras kepala, bahkan sombong. Jika mereka sudah menetapkan sebuah keputusan, maka itulah yang akan mereka lakukan tak peduli apa kata orang, hambatan ataupun kemustahilannya

Phlegmatis,

tipe kepribadian datar. Mereka tenang, datar, cuek, acuh tak acuh, seringkali kelihatan tidak bersemangat. Mereka tidak pernah marah, tidak pernah berdebat, dan juga tidak pernah membuat keputusan, bahkan untuk dirinya sendiri.

Jika disimpulkan, seorang kholerik melakukan dengan "cara saya", Melankolis melakukan dengan "cara yang benar", Sanguinis melakukan dengan "cara yang menyenangkan", dan phlegmatis melakukan dengan "cara yang mudah"


Availability

PCN00011155.2 LIT pPerpustakaan Cah NdesoAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
155.2 LIT p
Publisher Binarupa Aksara : Jakarta.,
Collation
ix; 369 hlm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
250243
Classification
155.2
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Edisi Revisi Pertama
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this